Kamis, 31 Desember 2015

PIRANTI PENUNJUK

Macam-Macam Perangkat Penunjuk( Pointing Device )

Perangkat penunjuk atau pointing device yaitu :
mouse, joystick, trackball, touch screen, touchpad, Pointing Stick, light pen, digitizer,dan footmouse.
Berikut ini penjelasan masing-masing perangkat penunjuk atau pointing device.

1. Mouse
            Mouse atau dalam bahasa Indonesian yaitu tikus adalah alat yang digunakan untuk mengatur posisi cursor dilayar. Device ini disebut mouse karena bentuknya yang menyerupai tikus.
            Pada umumnya mouse ini mempunyai dua tombol yaitu tombol kanan dan tombol kiri dan ditengahnya terdapat scroll wheel, tetapi untuk komputer berbasis Machintos menggunakan satu tombol. Mouse ini menggunakan sebuah sinar optic untuk mendeteksi gerakan. Untuk jenis konektornya bermacam-macam kalau mouse model lama masih menggunakan PS/2 untuk yang umum sekarang menggunakan USB 2.0,selain itu ada juga
yang menggunakan wireless dan Bluetooth sehingga tidak perlu kabel.


2. Joystick
            Joystick ini fungsinya untuk menggerakkan kursor di komputer sepertihalnya mouse tetapi joystick digunakan sebagai controler game. Didalam joystick terdapat sekumpulan touch switch yang di tempatkan di sekeliling dan dasar sticknya(di 4 arah atas bawah depan belakang). Ketika joystick ini digerakkan maka akan menyentuh touch switch dan setalah saklar switch tersambung dan menghantarkan sinyal keperangkat kompuer.


3. Trackball
            Trackball adalah alat yang ditengahnya terdapat bola yang fingsinya sebagai pengendali kursor pada monitor. Cara kerja Trackball ini hampir sama dengan mouse, hanya saja kalau mouse yang digerakkan semua bagian mousnya itu sendiri, sedangkan pada trackball yang digerakkan hanya bolaya saja. 
4. Touch screen
            Touchscreen atau touch panel ini adalah tampilan pada layar yang sensitive pada sentuhan manusia. Jadi seseorang bisa langsung berinteraksi langsung dengan menyentuh layar touch screen. Sistem kerja dari touch screen ini dengan mengetahui kordinat (x,y) yang disentuh oleh penguna, setelah kordinat diketahui maka system akan mengetahui operasi atau perintah apa yang anda inginkan.

5. Touch pad
            Piranti ini sama saja dengan mouse dan trackball, perbedaanya terletak pada pengoperasianya, jika mouse bekerjanya dengan menggerakkan mousenya sedangkan touchpad dengan menggerakkan jari kita di atas touchpad tersebut tanpa memindah-mindahkan touchpadnya. Device ini sering ditemukan pada laptop.

6. Pointing Stick
            Perangkat ini juga sering disebut stylus atau track point biasanya terletak dibagian tengah laptop. Cara kerjanya dengan menekanya kearah yang kita inginkan. Tetapi pointing stick ini hanya untuk mengarahkan pointer saja kalau untuk mengeksekusi biasanya menggunakan tombol touchpad.
7. Light pen
            Alat input data dengan menggunakan pena elektronok yang disentuhkan kelayar dengan bantuan komputer CAD (computer aided design). Alat ini disebut Light pen karena memang memancarkan sebuah sinyal cahaya kekomputer.

8. Digitizer
            Digitizer adalah alat yang digunakan untuk memindahkan data dari kertas menjadi data vector (hampir sama dengan scanner tapi hasil perskalaanya berbeda, jika hasil scan diperbesar akan pacah dengan digitizer ini tidak akan pecah karena hasilnya dalam bentuk vektor). Data itu dipindahkan dengan menelusuri gambar di kertas atau hardcopy dengan mengeklik segmen tertentu. Digitizer hampir sama dengan mouse tetapi wilayah gerakanya hanya terbatas diatas meja Digitizer itu sendiri, selain itu juga lebih sensitif.
9. Footmouse
            Sesuai dengan namanya Footmouse adalah sebuah mouse komputer yang dikendalikan dengan menggunakan kaki. Mouse ini digunakan oleh penyandang cacat. Menurut Wikipedia ada 10 jenis foot mouse ini tetapi tidak semua tersedia secara komersial.

0 komentar:

Posting Komentar